Pengusir Hama Tikus Sawah

Pengusir Hama Tikus Sawah

Untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah, ada banyak sekali jenis hama yang harus segera dibasmi. Selama bertahun-tahun lamanya, hama menjadi masalah utama yang paling besar bagi para petani di Indonesia, terutama hama tikus.

Bahkan bisa dibilang tikus sawah menjadi momok paling menakutkan karena selalu menyerang sawah dan akhirnya bisa membuat gagal panen para petani. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan sebagai pengusir hama tikus sawah yang selalu menganggu pertanian Indonesia. Berikut ini informasi selengkapnya!

1. Menerapkan sistem minapadi

Minapadi merupakan suatu usaha tani gabungan yang telah terbukti mampu meningkatkan hasil panen para petani Indonesia. Minapadi menjadi salah satu cara yang paling jitu untuk membasmi hama tikus.

Melalui minapadi, tikus sawah akan terendam dalam air pada ketinggian yang tertentu. Dengan demikian, tikus akan mengalami kesulitan untuk menyerang tanaman padi. Bukan hanya hama tikus saja, hama wereng juga akan mengalami kesulitan untuk menyerang tanaman padi karena mereka tidak dapat melalui genangan air tersebut.

Maka dari itu, hama tikus dan juga wereng yang selama ini selalu menganggu hasil panen bisa diatasi dengan sistem minapadi ini. Hasilnya pun bisa sangat memuaskan, terbukti hasil panen padi para petani tidak terganggu.

2. Melakukan sanitasi

Cara pengusir hama tikus sawah yang berikutnya adalah dengan melakukan sanitasi atau pembersihan lingkungan. Cara ini dilakukan dengan membersihkan rumput atau semak-semak yang di area persawahan yang sudah pasti sering digunakan sebagai sarangan tikus.

Disini Anda bisa melakukan perburuan dan membunuh tikus sawah secara langsung dengan cara membongkar sarangnya. Cara ini bisa dibilang akan sangat ampuh untuk membasmi tikus di sawah dengan mudah.

3. Memberikan Rodentisida

Namun jika populasi tikus sudah sangat tinggi maka Anda bisa memberikan rodentisida. Rodentisida dapat digunakan untuk membasmi hama tikus selama penggunaannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Umpan ini dapat Anda taruh di berbagai habitat tikus sawah. Bisa Anda tempatkan di jalanan sawah, tanggul irigasi, dan tepi perkampungan.

baca juga : https://www.agrobibittanaman.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *