Pesona Masjid Islamic Center Indramayu

Masjid Islamic Center yang berada di kabupaten Indramayu merupakan sebuah bangunan masjid yang telah menjadi perhatian masyarakat dan juga netizen sejak bangunan masjid ini baru menunjukkan wujud awalnya,meski belum selesai secara 100% dan masih dalam proses pembangunan serta merapikan keseluruhan pembangunannya, masjid ini bahkan disebut sebut sebagai masjid dengan pesona terindah di wilayah III Cirebon.

Bentuk bangunannya yang sangat indah dan juga megah ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri khusus nya bagi masyarakat Kota Indramayu. Masjid Islamic Center di Indramayu ini dibangun di lokasi yang sama dengan Masjid Islamic Center sebelumnya yang memang sudah ada dilokasi tersebut.

Pesona Masjid Islamic Center Indramayu

Masjid ini secara resmi menyandang nama Masjid Islamic Center Abdul Manan Indramayu, namun kebanyakan masyarakat sekitar lebih mengenalnya sebagai Masjid Islamic Center Indramayu. Lokasi masjid ini berada di simpang lima Pekandangan dan memang sudah sejak lama menjadi sebuah persinggahan bus bus rombongan para peziarah wali untuk menunaikan sholat lima waktu dan untuk beristirahat dalam perjalanan ziarah mereka.

Bangunan masjid Islamic Center ini merupakan bangunan yang lama lalu kemudian dibongkar dan dibangun ulang dalam bentuknya yang sekarang ini. Sebuah bangunan masjid dengan tema modern dan cenderung sangat lengkap dengan tiga buah kubah di bagian atap masjid lalu ditambah juga dengan empat buah menara yang terkesan cukup ramping yang tinggi menjulang,yang terdapat pada bagian ke empat sudut masjid ini. Kubah utama masjid ini juga diapit oleh dua  buah kubah yang mempunyai ukuran jauh lebih kecil berada bagian sisi kiri dan juga sisi sebelah kanan nya. Untuk ornamen masjid  dibuat sangat bagus dan juga sangat mengesankan arsitektur bangunan masjid khas  Timur Tengah.

Baca Juga: Pengertian Kubah Masjid ACP

Ada juga pelataran parkir yang cukup luas yang mana mampu menampung cukup banyak  kendaraan roda dua dan roda empat bahkan bus-bus besar sekalipun. Di dekat halaman parkir juga dibangun sebuah area taman dan juga terdapat air mancur yang mana mempunyai jumlah yang jauh lebih banyak dan akan tampak sangat indah. Pada malam hari , ratusan lampu LED ini akan memancarkan sinar terang yang sangat benderang sehingga mampu menyedot perhatian para pengguna jalan yang kebetulan melintasi Simpang Lima Pekandangan ini.

Peresmian Masjid Islamic Center Indramayu

Pembangunan masjid Islamic Center Indramayu ini dilakukan secara bertahap dengan dana dari APBD kabupaten Indramayu, dan untuk pembangunannya pun dimulai pada tahun 2015 dan rampung di tahun 2018. Dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 2018 oleh Gubernur Jawa Barat pada masa itu yakni H. Ahmad Heryawan. Peresmian masjid ini bertepatan juga dengan bulan suci Ramadhan dan dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat Tarawih secara  berjamaah. Dengan Total keseluruhan biaya pembangunan masjid ini mencapai Rp. 180 milyar Rupiah.

Pembangunan masjid ini juga mendapatkan bantuan dari Gubernur Ahmad Heryawan sebesar Rp. 48 miliar untuk pembangunan Islamic Center ini. Llau setelah itu mengadakan sebuah upacara peresmian masjid ini juga dihadiri oleh Bupati Indramayu Anna Sophana, wakil bupati Indramayu, para pejabat daerah sipil dan militer serta ribuan muslim Indramayu yang tumpah ruah ke masjid ini.

Fasilitas Masjid Islamic Center Indramayu

Islamic Center di Indramayu ini memiliki luas secara keseluruhan yang berada di area lahan dengan  luas mencapai 12 hektar. Adapun yang baru dimanfaatkan hanya seluas 6,2 hektar saja. Pada bangunan masjid lantai satu ini terdapat area dengan luas mencapai 860 meter persegi, dan dapat menampung sebanyak 1.450 jamaah.

Lantai dua ini mempunyai luas 737 meter persegi dapat menampung hingga 1.000 jamaah. Adapun kluster masjid  ini mempunyai area dengan luas mencapai 1.800 meter persegi yang mana mampu menampung sekitar 3.500 jamaah. Serta pelataran penghubung sekitar yang berjumlah 1.000 meter persegi diklaim mampu menampung hingga 1.500 jamaah.

Masjid ini juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendidikan berupa Raudhatul Arhfal atau Taman Kanak Kanak berbasis ajaran Islam dan juga  Pendidikan Anak Anak Usia Dini (PAUD). Nantinya masjid ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti gedung-gedung pertemuan, gedung training, gedung tahfidz Quran serta sentra pengembangan ekonomi masyarakat, mengingat letaknya yang strategis dan sejak sebelum dibangun semegah ini pun sudah menjadi persinggahan pavorit pengguna jalan di ruas jalan Pantura.

Nama resmi Masjid Islamic Center Indramayu

Islamic Center Syekh Abdul Manan yang menjadi nama resmi Masjid dan Islamic Center kabupaten Indramayu ini mengabadikan tokoh ulama besar Indramayu dari era 1800-an. Makam beliau ramai di ziarahi hingga hari ini. Semasa hidupnya beliau tinggal di kelurahan Paoman kecamatan Indramayu dan rumah beliau masih terawat keasliannya hingga kini. Beliau juga mewariskan beberapa kitab.

Di masa hidupnya, Syekh Abdul Manan tinggal di sebuah rumah sederhana yang ada di wilayah Kelurahan Paoman, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Meski sudah berusia ratusan tahun, namun hingga saat ini struktur bangunan rumah tersebut masih terjaga keasliannya. Pemerhati sejarah Indramayu berharap agar pemerintah memberikan perhatian untuk merawat rumah peninggalan beliau dan membangun jalan akses yang memadai menuju ke makam beliau untuk memudahkan para peziarah, ditambah lagi letaknya yang berada ditengah tengah kota Indramayu bila di kelola dengan baik tentunya akan lebih menarik bagi para wisatawan.

Celah-celah angin pada empat sisi dinding masjid Islamic Center Indramayu ini telah  menjadikan adanya perkembangan sirkulasi udara yang ada di ruang masjid dan terjadi begitu sangat baik, maka sehingga anda pun mungkin tidak bisa merasakan ketika gerah tiba atau pada waktu cuaca sedang panas meski tak dipasangi AC ataupun tambahan lain yakni kipas angin. Di Bagian tempat imam sengaja tidak dibangun tanpa dinding yang mana bertujuan untuk dapat menggambarkan bahwa setiap makhluk yang menunaikan ibadah shalat maka sejatinya dia akan menghadap Allah.

Selain masjid ini terbilang cukup unik dan juga megah,ternyata juga memiliki fungsi yang begitu artistik, yang mana di setiap lubang-lubang itu juga ada fungsi sebagai ventilasi udara. Menjelang tengah malam, maka ketika anda berada di luar maka akan terpancarkan sinar dari lampu yang berada di dalam masjid mulai,pancaran sinar lampu ini akan menerobos ke bagian celah ventilasi,sehingga jika dilihat dari luar akan tampak seperti masjid yang memancarkan cahaya berbentuk kalimat tauhid. Benar-benar sangat mengagumkan.

Dikunjungi Presiden Joko Widodo

Pada tanggal 6 Juni 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sempat melaksanakan ibadah shalat tarawih di Masjid Islamic Center Indramayu, bersama dengan warga muslim Indramayu yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Turut hadir pula untuk mendampingi Jokowi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto dan ada juga bapak prabowo, dan Gubernur Jawa Barat kala itu Ahmad Heryawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *